Manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen
permintaan
Karena manajemen pemasaran
merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga,
promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi. Umumnya
orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian
pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan
perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena biasanya suatu
organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan produk yang
tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak ada permintaan
terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya tidak teratur,
atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajemen pemasaran harus mencari
jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini. Jadi, manajemen
pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan
permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu
Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti
Pemasaran
Ada perbedaan antara kebutuhan,
keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia
merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh
masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi
manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut.
Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta
kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya
beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan;
kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan
dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah
didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
Perbedaan Pasar dan Pemasaran
1.Pasar adalah tempat
pertemuan antara penjualan dan pembeli, atau lebih jelasnya daerah, tempat,
wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling
bertemu dan membentuk harga. Pasar dikatakannya merupakan orang orang yang
mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanjadan kemampuan untuk membelanjakannya.
2. Pemasaran (marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya.Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
Yang dimaksud dengan bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran merupakan
suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk
setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang
dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan.
Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu sendiri,
ketersediaannya, imagenya (cara promosinya), dan harga yang harus dibayar
untuk mendapatkannya. Variabel-variabel tersebut
merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus
membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya
yang terbatas. Pada tahun 1960,Jerome McCarthy memperkenalkan
konsep 4P kepada dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh
dunia menjadi terbiasa dengan 4P (product, price, place, and
promotion). Selain 4P ada pendekatan-pendekatan lain untuk bauran
(khususnya bauran jasa/7P).
Bauran pemasaran terdiri dari 4
komponen, yaitu :
1.Product (produk) adalah segala
sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau
dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design,
feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2.Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli
produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount,
allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3.Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi
antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
4.Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara
lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct
marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar