Jumat, 07 November 2014

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Pengertian Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

a.Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.

·  Perusahaan nasional : PT TIRTA BAHAGIA
·  Perusahaan internasional: PT. SIDOMUNCUL
·  Perusahaan Multinasional : PT COCA COLA COMPANY
·  Perusahaan Global : PT UNILEVER INDONESIA

b.Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi:
1.     Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
·         Keadaan alam : SDA, lingkungan.
·         Politik dan hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada menciptakan
·         Hukum
·         Perekonomian
·         Pendidikan dan kebudayaan
·         Social dan budaya
·         Kependudukan
·         Hubungan internasional.

b. Lingkungan eksternal mikro
adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2.   Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh :
  • Tenaga kerja
  • Peralatan dan mesin
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
  • System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

Perbedaan antara Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi  dan berkumpulnya semua faktor produksi. Biasanya perushaan bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Contoh perusahaan : Perusahaan nasional, Perusahaan internasional, Perusahaan multinasional, Perusahaan Global,
Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup. Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa. Contoh lembaga sosial : Pranata Keluarga, Pranata Pendidikan, Pranata Ekonomi, Pranata Agama, Pranata Politik, Pranata Hukum, Pranata Budaya 
Perbedaan antara Letak dan Tempat kedudukan Perusahaan Perbedaan antara Lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha

Letak Perusahaan : tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik / pabrik dipengaruhi oleh faktor ekonominya untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
Faktor yang mempengaruhi :
·Dekat dengan bahan baku
·Dekat dengan pasar
·Dekat dengan pemasok tenaga kerja
·Dekat dengan penyediaan sumber tenaga/energi
·Iklim
·Ongkos transport
Tempat Kedudukan Perusahaan : kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.
Faktor yang mempengaruhi :
·Tempat yang strategis
·Berada di tepi jalan
·Tempat pemasaran yang mudah di jangkau
·Letak perusahaan
Perbedaan antara Lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha
 
1.Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen. Lingkungan eksternal mikro diartikan sebagai faktor-faktor di luar rumah tangga produksi atau dunia usaha yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan dunia usaha.
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan eksternal mikro:
· Penyediaan/pemasok(supplier) dengan adanya pemasok faktor-faktor produksi, muncul kegiatan produksi, di samping itu pemasok juga menunjang kelangsungan hidup dunia usaha
· Perantara adalah pihak-pihak yang berperan dalam penyebaran hasil-hasil produksi dari produsen ke tangan konsumen
· Teknologi berkaitan secara langsung dengan perkembangan proses pengelolaan yang berupa penemuan
· Pasar dalam arti luas, meskipun letaknya berada di luar kegiatan produksi

2.Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung. Masing-masing anggota dunia usaha memiliki perbedaan dalam memberikan faktor-faktor yang secara kongkret dapat dimasukan ke dalam lingkungan eksternal makro atau mikro. Hal ini di sebabkan oleh sifat majemuk kegiatan dunia usaha. Unsur-unsur lingkungan eksternal makro dunia usaha sebagai berikut:
· keadaan alam
· politik dan hankam
· hukum peraturan perundang-undangan
· perekonomian, tingkat pendapatan
. pendidikan dan teknologi
· hubungan internasional

Sumber:

1 komentar: